Skip to main content

Jalur Pendakian Gunung Merbabu 3142 mdpl Via Selo Boyolali


Gunung Merbabu adalah salah satu gunung yang sangat populer dikalangan para pendaki gunung di Indonesia. Gunung Merbabu  terletak di Jawa Tengah dengan ketinggian 3.142 Mdpl. Gunung ini memiliki medan pendakian yang tidak terlalu sulit namun mempunyai pemandangan yang sangat indah. Gunung Merbabu sendiri berdiri berdekatan dengan Gunung Merapi di sebelah selatannya.




Gunung Merbabu yang sangat Indah



Gunung Merbabu diketahui memiliki 2 puncak tertinggi yakni Puncak Syarif (3.119 Mdpl) dan Puncak Kenteng Songo (3.142 Mdpl).  Meskipun dikatakan gunung tidur tapi sebenarnya gunung ini memiliki 5 buah kawah yaitu : Kawah Condrodimuko, Kawah Kombang, Kendang, Rebab dan Kawah Sambernyowo. 

Gunung Merbabu dapat di daki melalui 4 jalur yaitu : 1. Jalur Selo (Boyolali) 2. Jalur Wekas (Magelang) 3. Jalur Cunthel (Magelang) 4. Jalur Thekelan (Magelang)


Awal Pendakian dari Base Camp ke Pos 1



Awal pendakian pendaki kita akan disambut gapura selamat datang dari Taman Nasional Gunung Merbabu. Memasuki pintu hutan suasana jalanan kiri kanan dipenuhi pohon pinus dan lamtoro, di siang haripun akan terasa sejuk. Jalanan masih cukup landai hingga 15 menit perjalanan. Setelah berjalan 1-1,5 jam sampailah di pos 1. Pos ini masih berada di rimbunnya pepohonan.


Peta Pendakian Gunung Merbabu via New Selo
Peta Pendakian
Gerbang Masuk Pendakian Gunung Merbabu via New Selo

Gerbang Awal Pendakian

Kondisi Pos 1 Pendakian Gunung Merbabu via New Selo
Pos 1

Pos 1 - Pos 2 (Pandean)


Selepas Pos 1 menuju Pos 2 perjalanan dimulai dengan jalur yang masih landai yang membentang di tengah hutan tropis yang udaranya sejuk. Di tengah perjalanan kita akan menemukan pos bayangan. Sebelum pos bayangan ada tanjakan yang cukup terjal dan ini adalah trek terberat selama perjalanan menuju Pos 2. Diperlukan waktu sekitar 45 - 60 menit perjalanan untuk sampai di Pos 2.

Kondisi Pos 2 hampir sama dengan Pos 1 hanya berupa sebidang tanah tanpa adanya shelter. Pos ini juga berada di tengah hutan jadi masih tidak ada pemandangan yang bisa dilihat karena kanan kiri terdapat pohon-pohon yang besar.



Kondisi Pos 2 Pendakian Gunung Merbabu via New Selo
Pos 2

 Pos 2 - Pos 3

   Pos II – Pos III (batu tulis) baru kita mulai perjalanan menanjak yang nguras tenaga dan nguras isi perut tadi, Trek dari Pos 2 ke Pos 3 banyak terdapat tanjakan terjal yang juga sekaligus jadi jalan air, jadi hati-hati kalo jatuh ke lubang-lubang yang jadi jalan air tadi. 1,5 jam kira-kira sampailah kita di Pos 3 (Batu tulis), dan udah banyak banget orang-orang yg pada buka dome disini. Tapi, planing kita teteplah ngecamp di Sabana 2. Di Pos 3 ini Gunung Merapi udah terlihat dengan gagahnya, dan jadi view yg lumayan buat ngelupain capek + pegel, tapi sayang view itu tertutup oleh kabut dan awan mendung.

Kondisi Pos 1 Pendakian Gunung Merbabu via New Selo
Pos 3

 Pos 3 - Sabana 1 (Pos 4)

      Disi kita akan dihadapkan oleh treck tanjakan terjal yang serasa gak ada habisnya karena jalan ini melewati 2 punggung bukit dan jalan ini biasa di aliri air jadi jalan ini tergerus oleh air menjadi dalam. Dari sini pendaki berubah dari yang tadinya jalan bisa merangkak,tiarap dan lain-lain. kemiringan treck mulai eksreim dan biasanya para pendaki di sini berpeganggan pada pohon-pohon di sekitar dan menurut saya ini treck terberat selama pendakian ini.

Treck dari Pos 3 ke Sabana 1

Kondisi Trek dari pos 3 menuju Sabana 1 Gunung Merbabu

Kondisi Trek dari pos 3 menuju Sabana 1 Gunung Merbabu

Kondisi Trek dari pos 3 menuju Sabana 1 Gunung Merbabu

Setelah beberapa jam kami pun sampai di sabana 1, di sabana 1 ini sudah terdapat banyak tenda/dome yang berdiri karena tempat favorit para pendaki untuk bermalan di sabana 1 ini. Kami pun memutuskan untuk bermalam disini dan melanjutkan perjalanan ke puncak esok hari. Di sabana 1 ini juga dapat untuk melihat sunrise, karena di sabana 1 ini tidak terdapat pohon-pohon besar sehingga viewnya sangat bagus.


  Terlihat Puncak dari Sabana 1

Kondisi Sabana 1 Merbabu via New Selo dan dari sini terlihat Puncak Merbabu


Kondisi Sabana 1 Merbabu via New Selo dan dari sini terlihat Puncak Merbabu

 Menikmati Pagi di Sabana 1

Saat Menikmati suasana Pagi Hari di Sabana 1 Merbabu


Saat Menikmati suasana Pagi Hari di Sabana 1 Merbabu


 Sabana 1 (Pos 4) - Sabana 2

Setelah menikmati sunrise di sanbana 1 kami melanjutkan perjalanan menuju sabana 2, kami menunggalkan peralatan kami di sabana 1 kami hanya membawa peralatan yang di butuhkan saja seperti air,kamera,bendera dan lain-lain. Trek menuju sabana 2 cukup menarik dan menguras tenaga karena ada beberapa tanjakan, namun pemandangan di sepanjang jalan sangatlah indah dan menakjubkan di jalan ini kalaian harus hati-hati karena kanan kiri terdapat jurang yang teramat sangat dalam. Perjalanan menuju sabana 2 kurang lebih 1,5 jam - 2 jam.
Seperti inilah kondisi Sabana 2 Merbabu
Kondisi Sabana 2

 Di Sabana 2 ini kami juga menjumpai para pendaki yang lain yang mendirikan tenda dan bermalam di sini, di sabana 2 ini pemandangan cukup menggesankan karena sabana 2 terletak/terapit beberapa bukit di sekitarnya jadi seperti di lembah.

Sabana 2 - Puncak Kenteng Songo

Setelah dari sabana 2 ini kita akan di hadapkam dengan treck yang cukup mengguras tenaga karena trecknya menanjak sampai puncak.

 
Kondisi Jalan menuju Puncak Kenteng Songo Merbabu
Jalan Menanjak Menuju Puncak


 Dari Sabana 2 menuju puncak berlangsung kurang lebih 1 jam - 1,5 jam karena treck ini cukup membuat lelah para pendaki.

Puncak Kenteng Songo 3142 Mdpl

Di puncak terdapat batu yang memiliki lobang di tenggah nya dan ada 5 buah, sebenarnya ada 9 buah tetapi yang 4 saya nggak tahu keberadaanya.

Puncak Kenteng Songo
 
Kondisi Puncak Kenteng Songo Gunung Merbabu

Kondisi Puncak Kenteng Songo Gunung Merbabu

Kondisi Puncak Kenteng Songo Gunung Merbabu


Dari Puncak Kenteng Songo ini anda dapat melihat pemandangan yang sanagt menarik dan indah, saat cuaca cerah terlihat beberapa gunung dari puncak ini seperti Andong,Telomoyo,Merapi,Sumbing,Sindoro,Lawu,Unggaran dan Danau.


 Kami dari GROPALA (Gerowong Pecinta Alam) Muntilan,Magelang,Jawa Tengah berpesan kepada para pendaki:
1.Jangan tinggalkan apapun itu (sampah), kecuali jejak kaki.
2.Jangan ambil apapun itu (Bunga Eadelwise), kecuali gambar/foto.
3.Jangan bunuh apapun itu (Binatang), kecuali waktu.

Comments

Popular posts from this blog

Jalur Pendakian Gunung Sindoro 3153 Mdpl via Kledung (Wonosobo)

Pendakian Mt.Sindoro via Kledung 3153 Mdpl Gunung Sindara atau biasa disebut Sindoro atau juga Sundoro merupakan sebuah gunung vulkano aktif yang terletak di Jawa Tengah, tepatnya di antara Temanggung dan Wonosobo. Gunung Sindoro terletak berdampingan dengan Gunung Sumbing layaknya Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Keduanya berdiri kokoh di batas Temanggung sebelah barat dan sebelah timur kota Wonosobo. Gunung Sindoro memiliki ketinggian 3.153 Mdpl dan mempunyai kawah disertai dengan jurang yang dapat ditemukan di sisi barat laut ke selatan gunung dan terbesar disebut Kembang.  Untuk sampai di basecamp pendakian via Kledung, apabila datang dari arah barat akses yang paling cepat naik bus jurusan Wonosobo, kemudian naik bus kecil jurusan Magelang dan turun di Desa Kledung. Desa ini berada di sebelah kiri jalan saat menuju arah kota Magelang dengan waktu tempuh sekitar 30 - 40 menit.  Jika dari arah timur sebaiknya dari Magelang dan kemudian menaiki bu

Menapaki Jalur Evakuasi dan Trek Lama Menuju Puncak Mt.Merapi 2930 MDPL

          Gunung Merapi  (ketinggian puncak 2.930 m dpl , per 2010) adalah  gunung berapi  di bagian tengah  Pulau Jawa  dan merupakan salah satu gunung api teraktif di  Indonesia . Lereng sisi selatan berada dalam administrasi  Kabupaten Sleman ,  Daerah Istimewa Yogyakarta , dan sisanya berada dalam wilayah Provinsi  Jawa Tengah , yaitu  Kabupaten Magelang  di sisi barat,  Kabupaten Boyolali  di sisi utara dan timur, serta  Kabupaten Klaten  di sisi tenggara. Kawasan hutan di sekitar puncaknya menjadi kawasan  Taman Nasional Gunung Merapi  sejak tahun 2004. Gunung ini sangat berbahaya karena menurut catatan modern mengalami  erupsi  setiap dua sampai lima tahun sekali dan dikelilingi oleh permukiman yang sangat padat. Sejak tahun  1548 , gunung ini sudah meletus sebanyak 68 kali. [ butuh rujukan ]   Kota Magelang  dan  Kota Yogyakarta  adalah kota besar terdekat, berjarak kurang dari 30 km dari puncaknya. Di lerengnya masih terdapat permukiman sampai ketinggian 1700  m  dan